BACALAH DENGAN NAMA TUHANMU

SASTRA OKBAB, PEGUNUNGAN BINTANG


Pegunungan Bintang adalah salah satu kabupaten di Papua yang memiliki ikon gunung Aplim Apom. Dengan masyarakat yang ramah dan sangat menghargai orang-orang yang berperan dalam pendidikan dan kesehatan. Distrik Okbab merupakan tempat kami bertujuh untuk mengabdi. Masyarakat yang ramah membuat kami sangat nyaman tinggal di sana.
Ada beberapa hal yang membuat hati kami miris. Kekurangan guru merupakan masalah pertama yang kami rasakan di tempat itu. Setelah beberapa minggu tinggal di sana kami merasakan banyak kekurangan. Dalam hal pembelajaran, kami memiliki angan untuk menyesuaikan dengan pembelajaran di Jawa tetapi itu sangat tidak mungkin untuk dilaksanakan. Pembelajaran di Okbab dimulai dari nol seperti membelajarakan di SD. Saya mengajar di SMP Negeri Okbab. Siswa SMP di distrik itu sama dengan siswa SD. Menghafal kata benda adalah pelajaran pertama yang saya ajarkan di sana karena saya adalah guru bahasa Indonesia. Saya menginginkan siswa SMP Negeri Okbab bisa menghafal kata benda, kata kerja, dan menuliskan kalimat yang baik dan benar baik itu tulisan maupun lisan.
Hal-hal yang dibutuhkan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Okbab adalah sebagai berikut:
1.    Guru
Guru sangat dibutuhkan di Okbab untuk menjadi fasilitator motivator. Tanpa seorang guru anak-anak Okbab, Pegunungan Bintang tidak akan dapat berkembang karena pemikiran mereka masih hanya sekedar ke kebun
2.    Sumber Belajar
Salah satu penghambat pembelajaran yang ada di distrik Okbab adalah sumber belajar siswa yang sangat kurang. Jika dikaitkan K13 pelajaran bahasa Indonesia sangat tidak terpenuhi karena pelajaran ini berbasis teks keseluruhan materinya sedangkan di Okbab  sumber belajarnya sangat kurang.
3.    Media Pembelajaran
Sumber belajar yang minim membuat kami bertujuh kesulitan untuk menggunakan media yang tepat dalam setiap pembelajaran.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "SASTRA OKBAB, PEGUNUNGAN BINTANG"

Posting Komentar